Sabtu, 19 November 2011

psikologi pendidikan


psikologi pendidikan
 
PENGANTAR
ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN
DEFINISI PENDIDIKAN
SEJARAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN
KONTRIBUSI PSIKOLOGI PENDIDIKAN BAGI TEORI & PRAKTEK PENDIDIKAN
METODE-METODE DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN
A.  PENGANTAR
Manfaat Psikologi Pendidikan
Psikologi Pendidikan = Ilmu Terapan
Long Life Education
B.  ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN
Pendidikan Informal
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-formal
B.  ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN
1.  Pendidikan Informal
B.  ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN
2.  Pendidikan Formal
B.  ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN
3.  Pendidikan Non Formal
C.  DEFINISI PENDIDIKAN
Definisi Awam
Definisi Psikologi
Definisi Uu Sisdiknas No.2/2003
C.  DEFINISI PENDIDIKAN
     
1.   Definisi Awam
C.  DEFINISI PENDIDIKAN
     
2.   Definisi Psikologi
D.  SEJARAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN
DEMOCRITUS
PLATO&ARISTOTELES
ARISTOTELES
JOHN AMOS COMENICUS
ROUSSEAU
JOHN LOCKE
JOHN HEINRICH PESTALOZZI
FRANCIS GALTON
STANLEY HALL
WILLIAM JAMES
CATTEL
BINET
ABAD KE-20
E.  KONTRIBUSI PSIKOLOGI PENDIDIKAN BAGI TEORI & PRAKTEK PENDIDIKAN
Kontribusi Bagi Proses Pendidikan
Kontribusi Bagi Peserta Didik
Kontribusi Bagi Pendidik
E.  KONTRIBUSI PSIKOLOGI PENDIDIKAN BAGI TEORI & PRAKTEK PENDIDIKAN
1. 
Kontribusi Bagi Proses Pendidikan
Penggunaan audio visual aids
Membantu dalam pengelolaan sekolah
Membantu dalam penyusunan jadwal pelajaran
Membantu terhadap produksi buku pelajaran
Memberi dasar bagi penyusunan kurikulum
E.  KONTRIBUSI PSIKOLOGI PENDIDIKAN BAGI TEORI & PRAKTEK PENDIDIKAN
2. 
Kontribusi Bagi Peserta Didik
Mengerti hakekat belajar
Pendidikan yang lebih kooperatif dan demokratif  bagi siswa
Membantu perkembangan kepribadian siswa melalui kegiatan ekstra/intra kurikuler
E.  KONTRIBUSI PSIKOLOGI PENDIDIKAN BAGI TEORI & PRAKTEK PENDIDIKAN
3. 
Kontribusi Bagi Pendidik
Pendidik lebih terbuka terhadap perbedaan individu
Mengetahui metode mengajar yang efektif
Memahami permasalahan anak didik
Membantu dalam evaluasi belajar
Meningkatkan kemampuan meneliti
Mengarahkan pendidik dalam menangani anak-anak khusus
F.  METODE-METODE DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN
 
Introspeksi
Observasi
Metode Klinis
Metode Diferensial
Metode Ilmiah
Metode Eksperimen
F.  METODE-METODE DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN
1.  Instrospeksi
F.  METODE-METODE DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN
2.  Observasi
F.  METODE-METODE DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN
3.  Metode Klinis
F.  METODE-METODE DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN
4.  Metode Diferensial
F.  METODE-METODE DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN
5.  Metode Ilmiah 
F.  METODE-METODE DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN
6.  Metode Eksperimen
BAB II
BAKAT & INTELEGENSI
PENDAHULUAN
INTELEGENSI
BAKAT
LINGKUNGAN & HEREDITAS
KELAS SOSIAL & IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN
DIKOTOMI DESA-KOTA
JENIS KELAMIN



A.  PENDAHULUAN

 
Bakat & intelegensi merupakan kemampuan mental individu
B.  INTELEGENSI
Sejarah Intelegensi
Pengertian Intelegensi
Teori-teori Intelegensi
Pengukuran Intelegensi
Kurve Normal Dalam Intelegensi
B.  INTELEGENSI
 
1.  Sejarah Intelegensi
B.  INTELEGENSI
2.  Pengertian Intelegensi
B.  INTELEGENSI
3.  Teori-teori Intelegensi
B.  Intelegensi
3.  Teori-teori Intelegensi
B.  INTELEGENSI
3.  Teori-teori Intelegensi
B.  INTELEGENSI
4.  Pengukuran Intelegensi
B.  INTELEGENSI
4.  Pengukuran Intelegensi
B.  INTELEGENSI
4.  Pengukuran Intelegensi
Klasifikasi IQ Menurut Stanford-Binet
B.  INTELEGENSI
4.  Pengukuran Intelegensi
B.  INTELEGENSI
4.  Pengukuran Intelegensi
    
Klasifikasi IQ Menurut Wechsler
B.  INTELEGENSI
5.  Kurve Normal Dalam Intelegensi
C.   BAKAT
Sejarah Bakat
Pengertian Bakat
Bakat & Intelegensi
Pengukuran Bakat
C. Bakat
    
1. Sejarah Bakat
C. Bakat
     2.
Pengertian Bakat
C. Bakat
     2.
Pengertian Bakat
C. Bakat
     2.
Pengertian Bakat
C. Bakat
     3.
Bakat dan Intelegensi
D.  LINGKUNGAN &  HEREDITAS
Studi terhadap keluarga
Studi terhadap anak kembar
E.   KELAS SOSIAL
Havighurst ® kelas sosial & intelegensi, laki-laki & perempuan
Makin tinggi kelas sosial, makin tinggi tingkat intelegensi
Tidak ada perbedaan laki-laki & perempuan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar